Oleh: drg. Dyah Nugrahani | Mei 17, 2009

WANITA BERKUALITAS

Disampaikan Pada acara HARI KARTINI di desa Tegaltirto 19 April 2009

Peringatan Hari kartini tahun 2009, Kabupaten Sleman mengadakan lomba masak dengan bahan pokok dari ketela,serentak di setiap desa se kabupaten Sleman. Kecamatan Berbah bekerjasama dengan Puskesmas Berbah mengadakan peninjauan sekaligus sebagai Tim Yuri, mengunjungi setiapkegiatan lomba di balai desa. Sementara Tim Yuri yang terdiri dari Ketua TP PKK Kecamatan, Kasie Eko Bang dan Ahli gizi Puskesmas berbah menilai masakan, Kepala Puskesmas Berbah, drg Dyah Nugrahani Memberi ceramah kepada ibu-ibu warga desa Tegaltirto dengan Tema DENGAN SEMANGAT KARTINI 2009,KITA WUJUDKAN WANITA BERKUALITAS. Dalam pemberian ceramah, Saya mengajak ibu-ibu menjadi peserta yang aktif. Ceramah berjalan dengan sangat menarik padahal waktu yang disediakan oleh Panitia 2 jam. Saya memberikan beberapa pertanyaan – pertanyaan , sedangkan peserta yang bisa menjawab pertanyaan diberi doorprize oleh panitia. Tepat pukul 12.00 sang juara desa membawa menunya ke kecamatan untuk dinilai di tingkat Kecamatan Berbah. Penilaian tingkat kecamatan diadakan di Pendopo Kecamatan Berbah. Dan dihadiri oleh TP PKK Kabupaten Sleman. Dyah Nugrahani mengisi ceramah lagi sementara Tim yuri menilai Materi ceramah : Wanita yang berkualitas adalah wanita yang mempunyai sifat:

  • Mau mendengarkan, empati
  • Bisa berkomunikasi dengan baik – Kreatif, inovatif
  • Pesona,Inner beauty
  1. Mau mendengarkan, empati Sikap empati memang tidak bias muncul begitu saja,kita harus melatihnya. Jika suami/teman berbicara, kita harus mendengarkan.Jika kita tidak bias menanggapi,ya mendengarkan saja,dengan memberi perhatian kecil. Kita harus mempunyai penilaian bahwa masalah orang lain kadang lebih penting dari masalah kita. Di sini ibu sebagai tokoh masyarakat harus bisa meneladani sebagai ibu dukuh, ibu kaderdll,bagaimana mendengarkan keluhan masyarakat dan membantu memecahkannya
  2. Berkomunikasi dengan baik Hal ini sangat berkaitan dengan etika.Misalnya etika makan atau ngobrol dengan suami/teman, berbicara di saat pesta, atau ada tamu di rumah. Sebagai contoh, Ibu sebagai seorang istri harus bias membawa nama suami tatkala ada tamu di rumah misalnya, menjamu tamu,bagaimana berkomunikasi dengan tamunya bapak,dll Berbahasa tubuh yang baik,misalnya memberi senyuman kepada lawan bicara.
  3. Kreatif, inovatif Membuat rencana kerja harian,mingguan, maupun di saat liburan. Membuat suasana kerja yang menarik. Selalu mencari ide kreatif. Membuat lingkungan rumah yang sehat, indah dan rapi. dengan melaksanakan PHBS.
  4. Pesona, inner beauty Pesona dimiliki oleh wanita yang anggun dan menarik, padahal dia tidak begitu cantik. Langkah pertama jika kita ingin mempunyai pesona adalah, kita harus merasa bahagia dalam keadaan kita sekarang. Kebahagiaan adalah keputusan kita. Langkah berikutnya adalah berpikir positif, iklas, sehingga kita menjadi lebih sabar.

Responses

  1. Di balik wanita hebat pasti ada lelaki yang lebih hebat lagi…

    • Terima kasih atas komentarnya dan kunjungannya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: