Oleh: Liawati, S.Psi.Psi | Juni 30, 2008

PUSKESMAS BERBAH , OUTBOND……. ASYIK ……….. !!!

Pelatihan di alam terbuka akhir-akhir ini semakin populer di kalangan perusahaan – perusahaan besar. Tidak kalah Puskesmas Berbah memanfaatkan metode outbond ini untuk membangun perilaku Sumber Daya Manusianya. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya manusia dapat memahami kehidupan ini dari alam semesta.

Dalam rangka meningkatkan kinerja Pegawai di puskesmas berbah khususnya yang terkait dengan perilaku, maka Kepala Puskesmas Berbah drg. Dyah Nugrahani sebagai pemegang kebijakan yang jeli akan kebutuhan karyawannya merasa perlu tersedianya suatu program pelatihan yang terpadu, sistematik dan tepat guna yang dapat diimplementasikan bagi seluruh Karyawan Puskesmas Berbah secara bersama – sama. Salah satu upaya yang dapat ditempuh ad Setiap tahun, tepatnya tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional.  Lah melalui program Outbond management Training (OMT).

Outbond merupakan suatu program pelatihan manajemen di alam terbuka yang berdasarkan pada prinsip ”experiental  learning” (belajar melalui pengalaman langsung) yang disajikan dalam bentuk permainan, simulasi, diskusi dan petualangan sebagai media penyampaian materi. Dalam program outbond tersebut peserta secara aktif dilibatkan dalamm seluruh kegiatan yang dilakukan. Dengan langsung terlibat pada aktivitas (learning by doing) peserta akan segera mendapat umpan balik tentang dampak dari kegiatan yang dilkakukan, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengembangan diri masing-masing pegawai di masa mendatang.

Sasaran dari program outbond ini adalah pengembangan berbagai komponen perilaku pegawai guna menunjang kelancaran pelaksanaan tugas sehari-hari. Acara Outbond Puskesmas Berbah di laksanakan pada tanggal 24 Maret 2008 bertempat di Wisma Samodera Jaya yang beralamat di Jl. Kaliurang Sleman Yogyakarta. Para Pegawai dipandu langsung oleh tim outbond Cemerlang Abadi.

Tujuan dan harapan dari outbond ini adalah :

  • Pembentukan Team Building
  • Menentukan Budaya Perusahaan
  • Pengembangan Diri terutama peningkatan ketrampilan interpersonal
  • Komitmen pada tugas
  • Media katarsis bagi karyawan
  • Membangun Pelayanan Prima bagi karyawan

Hasil dari Outbond tersebut adalah :

1. Setiap individu menyadari pentingnya kerjasama dalam kelompok

2. Dalam setiap kegiatan dapat menemukan nilai – nilai yang dapat menentukan keberhasilan tugas, yaitu :

· Kekompakan

· Percaya diri

· Koordinasi

· Kewaspadaan

· Komunikasi

· Percaya pada orang lain

· Peduli

Dengan hasil di atas diharapkan dapat memacu semangat, motivasi dan keyakinan diri pegawai akan kemampuan diri serta mampu berpikir kreatif. Selain itu dapat meningkatkan kebersamaan dan rasa saling percaya serta penyegaran dan memecahkan kekakuan birokrasi di lingkungan Puskemas Berbah. Semoga semua pegawai dapat lebih optimal dalam melayani masyarakat dalam bidang kesehatan. Amien………!!!!!!!

SELAMAT DAN SUKSES UNTUK PUSKESMAS BERBAH…….!!!!


Responses

  1. Selamat atas ide yang kreatif untuk kepala puskesmas berbah,
    semoga dengan diadakannya team building bisa meningkatkan kinerja karyawan

  2. Terima kasih atas supportnya, kiranya Puskesmas Berbah semakin hari semakin maju dan sangat bermanfaaf bagi masyarakat Kecamatan Berbah Jogja dan sekitarnya Amin

  3. kalau bisa membuat outbound lebih sederhana

    • Terima kasih komentarnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: