Oleh: Sutanto AMKI | Juni 12, 2008

PUSKESMAS BERBAH MERAIH JUARA III LOMBA KEBERSIHAN DAN KETEDUHAN KANTOR

Kapuskesmas memberi contoh dengan ikut terlibat aktip dalam menciptakan puskesmas yang bersih dan indahDalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Sleman yang ke 92, Dinas Kesehatan Kab. Sleman  mengadakan lomba kebersihan yang diikuti oleh 24 Puskesmas. Lomba yang diadakan pada bulan Mei yang lalu tersebut mengambil tema  ” Kebersihan dan Keteduhan Kantor ”.

Setelah diadakan penilaian yang dilakukan oleh tim penilai Kabupaten, diperoleh pemenang dengan urutan sebagai berikut : Juara ke I diraih oleh Puskesmas Prambanan, Juara ke II diraih oleh Puskesmas Ngemplak I dan  Juara ke III diraih oleh Puskesmas Berbah. Masing-masing pemenang mendapatkan tropi dan uang pembinaan kebersihan sebesar Rp 500.000 untuk juara I, Rp 450.000 untuk juara II dan Rp 400.000 untuk juara III.

Keberhasilan Puskesmas Berbah meraih juara Ke III merupakan ” surprise ” dan patut disyukuri, mengingat gedung Puskesmas Induk baru berumur kurang lebih satu tahun dengan penataan lingkungan yang belum maksimal. Dari aspek fisik kebersihan dan kontruksi bangunan memang dapat diandalkan, tetapi dari aspek lingkungan dan keteduhan sesuai tema lomba belum dapat dikatakan ideal.

Dalam kurun waktu setahun sebenarnya pihak Puskesmas sudah berupaya menata lingkungan secara bertahap. Hal tersebut dilakukan dengan mengadakan penanaman pohon perindang di lingkungan kantor. Tetapi melihat kondisi tanah yang bercampur puing bangunan lama, membuat tanah jadi keras sehingga pohon yang sudah ditanam sulit berkembang sesuai yang diinginkan.

Selain menata lingkungan fisik Puskesmas Induk, telah dijadikan agenda mingguan bagi Puskesmas Berbah untuk mengadakan perawatan kebersihan lingkungan bagi semua Pustu yang berjumlah 4 buah. Kegiatan tersebut dilakukan setiap hari Jum’at dengan bergiliran dari satu Pustu ke Pustu yang lain. Tenaga perawatan kebersihan berasal dari karyawan Puskesmas sendiri yang sudah terjadwal dengan teratur.

Dengan adanya kegiatan Jum’at bersih tersebut sangat terasa manfaatnya, selain lingkungan dapat terjaga kebersihan dan keindahannya, juga menekan biaya perawatan lingkungan serendah mungkin. Keberhasilan meraih juara III bagaimanapun dapat merupakan penambah semangat untuk lebih baik lagi dalam pengelolaan kebersihan dan lingkungan, sehingga Puskesmas sebagai institusi pelayanan kesehatan masyarakat dapat menjalankan tugas sesuai visi misi dengan aman dan nyaman.


Responses

  1. Selamat atas keberhasilannya menjadi juara kebersihan. Memang, puskesmas harus menjadi contoh hidup bersih dan sehat.
    Salam kenal. Semoga berkenan berbagi informasi di puskelinfo. Terimakasih

    • TQ komentarnya salamkenal kembali


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: